Thursday, January 17, 2013

Oseng Rumput Laut

Hai, sobat inspiratif!
Ada resep baru nih...
Kemarin aku iseng-iseng beli rumput laut kering atau bahasa Koreanya 미역 (baca= miyeok) atau bahasa Jepangnya ワカメ (baca= wakame). Rencananya sih, pingin bikin sup rumput laut ala Korea begituu...
aku coba intip resepnya, ternyata gampang kok.. dan voila!



tapiii masalahnya, pas menumis dagingnya aku cuma pake minyak goreng biasa nda pake minyak wijen hiks :(

setelah masakan ini tercicipi oleh master chef rumahan (baca= ibuk), beliau berkata "Hmm.. ini enak, tapi coba ganti menu. Jangan dibikin sup"

Aku pun mencoba berpikir sesuatu yang Korea mungkin nggak punya.. mehehehehe ")
daaan voiilaaa...


malam ini, aku buat oseng rumput laut yang rasanya jawa banget hmm.. nyaamm...
dan kata master chef rumahan "Hmm... yoh lebih enak ini daripada kemarin!" 
YES!
hehehehe :')
cara bikinnya gampang aja kok,

Bahannya:
25 gram rumput/ganggang laut kering atau miyeog (di hypermart ada, kok)
1 buah tahu sutra, potong dadu kira-kira 1x1cm
100 gram daging sapi giling
1 butir telur ayam kampung

Bumbu:
1 siung bawang bombay ukuran sedang, atau sesuai selera, potong melintang
2 siung bawang putih, geprak lalu cincang
1 siung bawang merah, iris tipis
1/2 sdt merica bubuk, atau sesuai selera
1 sdt garam

Nah, cara masaknya:
  1. Rendam rumput laut kering kedalam baskom berisi air dingin selama 15-25 menit.
  2. Setelah rumput laut mekar, potong kira-kira panjangnya 5-7cm. Lalu taburi garam secukupnya, aduk-aduk dengan tangan sampai merata. Sisihkan.
  3. Panaskan wajan (lebih baik teflon), tuang 2-3 sdm minyak goreng. Goreng tahu dadu hingga berubah kecoklatan. Masukkan daging giling, masak hingga berubah warna. Aduk-aduk perlahan. Masukkan rumput laut, aduk-aduk perlahan hingga agak layu. Masukkan bawang bombay, bawang putih, bawang merah dan merica bubuk. Aduk perlahan diatas api sedang hingga aromanya harum.
  4. Masukkan telur keatas masakan rumput laut, lalu aduk-aduk hingga telur setengah matang. Tambahkan sedikit garam (bila perlu). Tutup wajan agar panasnya merata. Aduk sesekali hingga telur matang dan bawang berubah kecoklatan.
  5. Sajikan di piring saji. Santap selagi hangat.
porsi untuk 3-4 orang.

*kalian bisa menambahkan jamur kuping atau mengganti daging sapi dengan seafood (udang atau calamari), juga bisa improve dengan bihun dan saus tiram/ kecap manis juga boleh kok

Manfaat rumput/ganggang laut coklat (Undaria Pinnatifida):
  Di Korea, sup rumput laut adalah hidangan wajib untuk seseorang yang sedang berulang tahun. Mereka percaya, dengan makan rumput laut, akan memperpanjang usia. Terdengar mistis memang, tapi, secara logika kalau kandungan klorofil rumput laut bersifat antikarsinogenik, kandungan serat, selenium dan seng yang tinggi pada rumput laut dapat mereduksi estrogen. Disinyalir level estrogen yang terlalu tinggi dapat mendorong timbulnya kanker, sehingga konsumsi rumput laut memperkecil resiko kanker bahkan mengobatinya. (http://pluslerainbow.wordpress.com/) 

Selain itu, buat ibu yang sedang menyusui, rumput laut ini juga bisa memperlancar ASI lhooo.. ditambah lagi, bisa bikin kulit kamu tetep halus karena seratnya yang tinggi. So, ini baik banget kan, apalagi buat perempuan.. :')

guten Appetit!

5 comments: