Friday, July 25, 2014

Keluarga yang berkeluarga

Kemarin adik sepupunya ibukku datang ke rumah. Beliau mengajak seluruh keluarga besarnya ke rumah. Memang sudah menjadi adat atau ciri keluarga mereka untuk menikahkan anak perempuan dalam usia muda. Masuk usia 20 tahun, besok buka terop. hehehe nda gitu juga, sih..
Yaaah.. hampir begitu tapi memang.

Ketika bu lik ku tanya aku mau lanjut kemana, aku pun mulai pasang wajah bingung campur kesal. Karena memang aku belum punya jawaban pasti soal itu. Tapi, hal baik terjadi hari itu. hehehe

Aku: Alhamdulillah lanjut ngajar insyaAllah,
Bu lik: Ooo.. nggak pingin nikah? Wis duwe calon e, seh?
Aku: (terdiam, muka datar)
Ibuk: Lha sopo calon e.. wong arek gak pacaran ngene
Aku: (masih terdiam, muka kesal) sebenernya, lik.. (terpotong)
Bu lik: ....gak pingin lanjut S2??
Aku: (sumringah) Naaaaah! (ngelirik ke ibuk sambil senyum)
Ibuk: yooooooo... ndelok engkok ae lah..
Aku: (kembali cemberut) lik, bantu aku meyakinkan ibuk, lik...
Bu lik: hahahaha yoooh ga papa mbak, (mulai merayu ibuku) apik ae nek S2. wong yo durung duwe pacar ae kok..
Aku: nggih, Buk.. S2 buuuuuk... yaaa buk, yaaa...

kali ini ibukku lah yang terdiam. (HAHAHA. YES!)
Bu lik: nek S2 iku enak, nek kepingin ngajar ya mending sekolah maneh.. ben tambah pinter.
Ibuk: ngkok nek kepinteren iku wong lanang nggarai pikir-pikir

hmmmmm... okay, kali ini aku sedikit sependapat dengan ibukku. Paradigma klasik yang hanya milik kepala orang Jawa adalah "COWOK AKAN MINDER DENGAN CEWEK YANG PINTER ATAU BERPENDIDIKAN TINGGI" padahal yaa ngaruhnya apa.. kalo suka ya suka aja.. kenapa ada minder dan sebagainya..


Bu lik: walah, mbak.. mengko nek pancen wis ketemu jodhone yo ketemu, mbak... lik Nadia iku yo S2 lho, mbak... nang UI rencanane..
Aku: wuuuiiiiiihh UI? Lik Nadia emang puwinter lho..
Ibuk: nek S2 kate nang ndi, Nin? Malang?
Aku: Surabaya nggih mboten nopo-nopo mpun..
Bu lik: nang UNESA ae, ben iso ketemu ambek anakku sing cilik kuwi..

Anak bu lik ku sing cilik (sori lupa namanya): Lho, kalo gedung S2 di Ketintang, Bu.. mboten ten Lidah
Aku: (sumringah) SERIUUUSSSS?????
Anak bu lik ku: Iya, mbak, insyaAllah disitu..

Ibuk: Ketintang iku ndi?
Aku: Khadijah, Buk... Khadijah... (masih sumringah) kulo pingin yang deket aja, lik, biar bisa PP, kasian ibuk soalnya..
Ibuk: Yo.. alhamdulillah nek idhek.. mugo-mugo ae lancar.. syukur-syukur nek entuk beasiswa.
Bu lik: Ya.. di sambi kerja yo ora opo-opo... nambah pengalaman kuwi yo penting lho, mbak...

Alhamdulillah... Ibukku mulai teryakinkan dan mulai mau dukung aku buat S2.. thanks to my bu lik *peluuuuuuk*

yaah meski realisasinya masih absurd dan jadi rahasia Tuhan, but still, having my mother's permission is the first thing I must have. :) alhamdulillah..


******
Masih dengan keluarga besar bu lik ku.
Bu lik ku punya empat anak. 3 yang pertama adalah perempuan dan 1 laki-laki.
Nah, putri pertama dan kedua bu lik ku ini, orangnya mudah sekali akrab denganku, meski kami hampir tak pernah bertemu.
FYI, si putri pertama 26 tahun punya 3 orang anak. si putri kedua 23 tahun, punya anak 1.
Anak-anak mereka yang masih kecil dan unyu berkeliaran, bermain pernak-pernik yang ada di ruang tamu, melempar bantal, memanjat dinding
Geram dengan ulah mereka yang kekanak-kanakan, segera aku berdiri dan tak tinggal diam.

Aku: Adek-adek! ayok keatas, ikut ke kamarku, yok!-> mungkin ibunya berpikir bahwa aku akan membawa anaknya ke kamarku, lalu ku ikat mereka dengan pukat harimau, lalu ku kirim mereka ke pabrik nugget.

Aku: Ayok ke kamarku aja, banyak bukunya.. enak, bisa baca-baca buku..
Anak kecil I: YEEEEEEAAAY~ ada buku gambarnya nggak, mbak?
Aku: ada, sih, tapi gambarnya pake jarimu yang aku potong dulu, ya Ada kok... 
Anak kecil II: YEEEEEEEEEAAAAY~ ada spidol warna-warni juga??
Aku: Ada dong....

Saat aku asyik menemani anak-anak kecil itu menggambar dan mewarnai, si putri kedua bu lik ku bertanya.
si putri ke II: "Anakku, Sahabatku" (sambil baca judul buku yang tergeletak di meja belajar kamarku)
Aku: Oh, itu. Lumayan bagus kok, dek.. monggo baca aja..
si putri ke II: Kayak aku sama si Hadiq ini berarti yaa... aku lulus kuliah Agustus, langsung nikah September, Desember udah mulai hamil.. jadinya yaa gini.. sama Hadiq udah kayak sahabat.. ya, Hadiq, ya? (sambil cium-cium pipi anaknya yang emang bener-bener unyu)
Aku: (meringis tanpa suara)

DUH! INI APAAAAAAH????
MAKSUDNYA APAAAAAH???? --"

si putri ke II: Enak nikah muda, mbak.. nanti biar pas anaknya udah besar, sampean masih muda.. yaa nda tua-tua amat lah..
Aku: (masih meringis tanpa suara)

Tiba-tiba bu lik ku teriak dari bawah.
Bu lik: Eh, ayo pamitan...

********

Dan, begitulah.. Allah memang punya cara keren buat kasih petunjuk ke hambaNya... :)
tapi untuk yang masalah nikah muda.. Hmmmmmmmmm -.- I'll think about it later

6 comments:

  1. wahahaha bener bener rin, setuju sama soal S2 nyaa

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. bahahah pertanda aku harus lebih banyak belajar za.. :3

      Delete
  3. To be honest, "Ngkok lek kepinteren iku wong lanang dadi pikir-pikir" is such a conservative we should not keep anymore. Menurutku sih, sadar atau nggak, secara naluriah kita selalu berusaha dikelilingi dengan orang-orang yang memiliki cara berpikir yang sama dengan kita, bahkan lebih. Lagian menurutku tujuan sekolah bukanlah untuk menjadi pintar. Tapi untuk belajar.

    A quote from Dian Sastro yang cukup bikin kita "oh iya ya":
    "Entah akan berkarir atau menjadi ubu rumah tangga, seorang wanita wajib berpendidikan tinggi karena mereka akan menjadi seorang ibu. Ibu-ibu yang cerdas akan melahirkan anak-anak yang cerdas"

    ReplyDelete