Wednesday, September 17, 2008

Sekilas tentang 'Madzhab'


Madzhab (bahasa Arab: مذهبmadzhab) adalah istilah dari bahasa Arab, yang berarti jalan yang dilalui dan dilewati, sesuatu yang menjadi tujuan seseorang baik konkrit maupun abstrak. Sesuatu dikatakan mazhab bagi seseorang jika cara atau jalan tersebut menjadi ciri khasnya. Menurut para ulama dan ahli agama Islam, yang dinamakan mazhab adalah metode yang dibentuk setelah melalui pemikiran dan penelitian, kemudian orang yang menjalaninya menjadikannya sebagai pedoman yang jelas batasan-batasannya, bagian-bagiannya, dibangun di atas
prinsip-prinsip dan kaidah-kaidah. Selain itu, istilah mazhab juga berarti sebuah metodologi ilmiyah dalam mengambil kesimpulan hukum dari kitabullah dan Sunnah Nabawiyah. Mazhab yang kita maksudnya di sini adalah mazhab fiqih.

Sebenarnya, terdapat banyak sekali madzhab dalam madzhab fiqih. Tidak hanya empat, tapi puluhan. Namun memang empat besar madzhab yang paling banyak penganutnya adalah Madzhab Imam Hanafi, Madzhab Imam Maliki, Madzhab Imam Syafi’i, dan Madzhab Imam Hanbali. Sedangkan sebagian kecil muslim penganut madzhab lain seperti Madzhab Imam Ja'fari, Imam Ismailiyah dan Imam Zaidiyah, khususnya muslim Syi’ah.

0 comments:

Post a Comment